Cara Membedakan Cincin Tunangan Emas Kuning Asli Atau Palsu

Seperti yang kita tahu bahwa emas kuning adalah logam mulia yang paling banyak digunakan untuk membuat perhiasan

Advertisements

Seperti yang kita tahu bahwa emas kuning adalah logam mulia yang paling banyak digunakan untuk membuat perhiasan, mulai dari cincin, gelang, kalung, anting-anting, leontin, dan masih banyak lagi perhiasan lainnya yang dibuat dari logam mulia ini.

Hal itu karena emas adalah logam mulia yang harganya paling mahal jika dibandingkan dengan logam mulia yang lainnya yang memiliki harga dibawah emas. Ada dua jenis emas yang ada di pasaran ini, yaitu emas putih dan juga emas kuning. Emas putih adalah emas yang memiliki warna putih. Warna putih ini terjadi karena ada campuran logam lainnya sehingga membuat emas ini mengkilap. Emas yang satu ini biasanya digunakan untuk membuat kalung, cincin, dan berbagai perhiasan lainnya. Jenis yang lainnya adalah emas kuning. Ini adalah emas yang paling banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat perhiasan. Sama seperti emas putih, emas kuning juga sering digunakan untuk membuat kalung, cincin, gelang, leontin, dan berbagai jenis perhiasan lainnya. Hanya yang membedakan adalah perhiasan-perhiasan yang terbuat dari emas kuning adalah perhiasan-perhiasan yang mahal harganya. Untuk itulah perhiasan-perhiasan tersebut sering dijadikan sebagai seserahan, baik itu saat tunangan maupun saat perkawinan.

8930d5ad0b382cd315be8766bcd98e94

Tapi sayangnya saat ini kita harus lebih berhati-hati lagi ketika akan membeli perhiasan emas, termasuk juga ketika akan membeli cincin tunangan emas kuning. Harga yang begitu mahalnya membuat beberapa orang memalsukan emas jenis yang satu ini. Mereka ingin mendapatkan keuntungan yang banyak lalu tidak ragu untuk memalsukan emas kuning, baik itu gelang maupun perhiasan lainnya. Untuk itu jika saat ini anda akan membeli cincin tunangan emas kuning,  maka harus berhati-hati agar tidak tertipu. Dan yang paling penting adalah bisa mengetahui apa perbedaan antara emas kuning yang asli dengan yang palsu.

Bagi anda yang akan membeli cincin tunangan emas kuning dan belum tahu cara untuk membedakan antara yang asli dan yang palsu, inilah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahuinya:

1.      Tempelkan pada magnet: cara yang pertama untuk mengetahui apakah emas yang anda beli itu asli atau palsu adalah dengan menempelkan perhiasan emas anda pada sebuah magnet. Tempelkan perhiasan anda pada magnet dan lihat hasilnya. Jika emas tersebut menempel dengan magnet maka itu artinya emas yang anda beli adalah emas palsu. Mengapa? karena emas palsu akan memiliki campuran logam lain yang terlalu banyak, seperti kuniningan, alumunium, nikel, dan berbagai logam lainnya. Logam-logam inilah yang membuat emas tersebut menempel pada magnet. Tapi jika perhiasan tersebut tidak menempel pada magnet maka itu artinya perhiasan yang anda beli asli karena emas adalah ssalah satu logam yang tidak menempel pada magnet.

2.      Jatuhkan emas: cara yang lain yang bisa anda lakukan untuk mengetahui apakah emas kuning yang anda beli itu asli atau palsu adalah dengan menjatuhkan emas di lantai keramik atau di meja kaca. Dengarkan suaranya. Jika saat emas jatuh suaranya nyaring maka artinya emas itu palsu tapi jika suaranya tidak nyaring maka kemungkinan besar emas itu asli.

tes-emas-keramik

3.      Menggosokan ke keramik: meskipun ini adalah salah satu cara yang cukup beresiko karena jika tidak hati-hati akan membuat perhiasan emas anda menjadi tergores, bahkan rusak tapi cara yang satu ini bisa digunakan untuk mengetehui apakah perhiasan tersebut terbuat dari emas asli atau tidak. emas palsu jika digosokan pada keramik akan membuat garis hitam yang membekas pada keramik. Tapi jika itu emas asli maka tidak ada garis seperti itu.

4.      Menggoreskannya pada kaca: cara yang lain lagi untuk mengetahui apakah emas tersebut asli atau palsu adalah dengan menggoreskan emas pada kaca. Emas palsu jika digoreskan pada kaca maka akan membuat kaca itu tergores. Tapi jika itu emas asli maka meskipun digosokan pada kaca tapi kaca tetap tidak tergores.

5.      Menggunakan jarum: emas palsu akan lebih kuat dan lebih padat dibandingkan dengan emas asli. Untuk itu jika perhiasan yang anda miliki adalah emas palsu maka ketika jarum digosokan ke atas perhiasan maka jarum itu akan bengkok tapi jika itu adalah emas asli maka justru perhiasan anda itulah yang akan tergores. Tapi ini adalah cara yang sangat beresiko karena jika benar emas yang anda miliki adalah emas asli maka anda yang akan rugi karena perhiasan anda akan tergores.

6.      Menggunakan larutan atau zat asam: cara yang lainnya untuk mengetahui emas itu asli atau palsu adalah dengan menggunakan zat asam atau zat kimia seperti asam klorida dan asam sulfat. Kedua zat asam ini bisa juga untuk mengecek keaslian emas. Caranya campurkan zat tersebut, bisa zat asam klorida atau juga zat asam sulfat pada perhiasan anda. jika itu adalah emas palsu maka akan ada larutan logam yang lain di sekitar perhiasan anda itu. Tapi hal ini tidak terjadi jika emas yang anda miliki adalah emas asli.

7.      Saat dipakai: ciri yang lainnya emas itu asli atau palsu adalah saat perhiasan itu dipakai. Perhiasan yang terbuat dari emas palsu terasa tidak nyaman saat dipakai. Bahan ini bisa membuat kulit menjadi gatal-gatal, membuat kulit menjadi kehitam-hitaman, dan juga tidak nyaman. Ini berbeda jika emas yang anda beli adalah emas asli karena emas asli tidak akan membuat kulit menjadi gatal dan juga berubah warna kehitam-hitaman.

8.      Mengecek perubahan warna: cara yang lain dan aman untuk dilakukan adalah dengan mengosok emas dengan benda-benda tumpul seperti koin, kertas, atau bisa juga dengan tangan. Anda juga bisa melihat dari bagian emas yang sering terkena goresan seperti jika cincin maka di bagian atas yang kemungkinan besar sering terkena gorresan. Jika itu adalah emas palsu maka warnanya akan berbeda dari bagian yang lainnya dan juga warna itu akan bergradasi. Ini karena lapisan emas tersebut akan mengelupas di bagian perhiasan yang sering tergores sehingga warna logam aslinya akan kelihatan.

9.      Mengecek di toko perhiasan: ini adalah cara yang paling bagus dan paling bisa dipastikan keasliannya. Mengapa? karena jika anda menggunakan cara ini makaperhiasan akan aman dan tidak akan tergores oleh benda-benda yang anda gunakan untuk mengecek keaslianperhiasan anda. Para ahliperhiasan akan menggunakan alat khusus yangsering dipakai untuk mengukur kadar sebuah emas. Dan kelebihan lainnya jika anda menggunakan cara ini adalah hasilnya akan lebih pasti karena dicek oleh orang yang memang benar-benar ahli. Meskipun anda akan ditarik biaya untuk cek tapi ini akan lebih bagus dari paada anda mengecek sendiri dengan resiko kerusakan yang cukup tinggi dan juga belum tentu hasilnya itu benar.

Setelah anda mengetahui bagaimana cara untuk membedakan antara emas asli dan juga emas palsu, maka sekarang berhati-hatilah jika anda ingin membeli sebuah perhiasan, apa lagi jika anda akan membeli cincin tunangan emas kuning atau cincin kawin. Jangan sampai anda salah beli.

Demikianlah pembahasan tentang cara membedakan cincin tunangan emas kuning asli atau palsu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s