Cincin Kawin Selain Emas yang patut Anda Perhitungkan

Emas adalah bahan yang sering digunakan untuk membuat perhiasan, salah satunya adalah cincin kawin. Namun jika anda ingin menggunakan bahan lainnya, beberapa logam mulia ini patut untuk menjadi pertimbangan anda

Advertisements

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat cincin kawin adalah emas, entah itu emas kuning maupun emas putih. Memang ini adalah bahan yang paling umum untuk membuat cincin, namun beberapa orang tidak menyukai tampilan emas yang menurutnya terlalu glamour.

Apalagi untuk pasangan muslim dimana mempelai laki-laki memang tidak diperkenankan untuk menggunakan perhiasan emas, mau tidak mau kita harus mencari bahan lain untuk membuat cincin kawin.

Sebenarnya cincin kawin itu tidak harus melulus soal emas, selain ini masih banyak bahan lain yang bisa kita gunakan. Apakah kamu ingin menggunakan cincin kawin selain dari emas? Beberapa bahan berikut ini mungkin patut untuk menjadi pertimbangan anda.

1.      Cincin yang terbuat dari platinum

Selain emas, cincin yang terbuat dari bahan platinum merupakan salah satu rekomendasi yang patut anda pertimbangkan. Memang tidak banyak orang yang membuat cincin dari bahan platinum, namun ini termasuk salah satu jenis logam mulia yang memiliki kualitas dijajaran paling atas.

Kenapa bisa demikian? Tentu saja hal dikarenakan ada banyak sekali kelebihan yang ada pada bahan platinum. Beberapa kelebihan yang dimiliki platinum mulai dari sifatnya yang keras, tidak mudah usang, tidak mudah korosi, dan juga tidak mudah menyebabkan alergi.

Namun diantara banyak kelebihan tersebut, kerasnya logam platinum adalah hal yang sangat tepat untuk digunakan sebagai alasan pembuatan cincin kawin. Cincin kawin memang harus memiliki sifat yang kuat, karena hal ini akan dignakan sepanjang waktu, termasuk pada saat bekerja. Jadi ketika terjadi goresan, permukaannya tidak akan mengalami kerusakan.

2.      Cincin yang terbuat dari palladium

Cincin kawin selain emas yang patut anda pertimbangkan selanjutnya adalah palladium yang memiliki karakter hampir sama dengan platinum namun kualitas yang masih berada dibawahnya.

Beberapa sumber mengatakan bahwa kata palladium sendiri berasal dari sebuah kisah yang dijalani oleh dewi anthena. Dalam sebuah kisah dewi anthena diberikan julukan pallas karena ia berhasil membunuh seorang raksasa yang akan merebut kekuasaan Gunung Olympus.

Setelah keberhasilan ini dibangunlah sebuah patung untuk menghormati jasa pallas yang telah berkorban melindungi kota dari serangan-serangan. Namun ini hanyalah sebuah mitos, kebenaran dari ksiah ini masih menjadi sebuah misteri.

Kembali pada pokok pembahasan, kenapa cincin kawin palladium patut untuk menjadi pertimbangan? Selain memiliki sifat anti korosi, makna cincin ini juga sangat baik yaitu sebagai pelindung yang dimaksudkan agar hubungan pernikahan seseorang menjadi awet dan terhindar dari marabahaya.

3.      Cincin yang terbuat dari zirconium hitam

Daihe-Turkey-Engagement-ring-zirconia-Black-Bridal-Set-Wedding-Rings-For-Women-and-men-2015-vintage

Jika kita lihat dari karakter yang ada pada bahan ini, sebenarnya zirconium hitam memiliki sifat yang hampir sama dengan platinum. Bahkan warna yang ada pada zirconium awalnya berwarna abu-abu, namun karena proses yang telah ia lalui membuatnya menjadi berwarna hitam.

Apakah kamu menginginkan cincin kawin modern dan anti mainstream? Maka ini adalah bahan terbaik yang patut untuk anda pertimbangkan. Soal ketahanannya sendiri anda tidak perlu kuatir, bahan yang satu ini sangat kuat dan anti korosi.

4.      Cincin yang terbuat dari Tungsten carbide

Bisa dibilang, kekerasan dari tungsten carbide ini adalah yang paling unggul jika kita bandingkan dengan beberapa logam yang telah disebutkan. Bahkan cara pemotongan jenis logam satu ini tidak bisa dilakukan seperti halnya perak dan emas, melainkan harus menggunakan laser.

Mungkin anda jarang mendengar cincin kawin berbahan satu ini, namun saat ini peminat cincin tungsten carbide mulai meningkat karena memang memiliki tampilan menarik. Anda akan memiliki cincin kawin yang indah dan elegan karena warnanya yang mengilat seperti halnya cermin.

5.      Cincin yang terbuat dari titanium

Sebenarnya titanium bukan termasuk kedalam jenis logam mulia, namun logam ini patut untuk anda pertimbangkan sebagai bahan pembuat cincin kawin karena memang tampilannya menarik.

Karena ini bukan termasuk logam mulia, tentu saja harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan logam lain. Soal ketahanan sendiri anda tidak perlu ragu, bahkan kekerasan dari titaium jauh lebih baik dibandingkan emas.

Bagi anda yang ingin cincin kawin dengan harga terjangkau, namun memiliki tampilan menarik, maka bahan yang satu ini patut untuk anda pertimbangkan.

6.      Cincin yang terbuat dari perak

Selain emas, perak merupakan bahan yang paling umum untuk digunakan sebagai perhiasan. Namun untuk sekelas cincin kawin, bahan yang satu sayangnya tidak terlalu keras sehingga akan mudah sekali rusak jika terlalu sering terkena goresan.

Namun jika kita bandingkan dengan logam lain, harganya jauh lebih terjangkau. Jika kamu ingin memiliki cincin kawin berbahan perak, anda bisa memilih lapisan rhodium agar warnanya lebih indah dan permukaannya jauh lebih kuat.

Berikut enam bahan yang bisa anda gunakan sebagai bahan pembuat cincin pernikahan. Apapun bahan yang anda gunakan sebenarnya sah-sah saja, karena yang terpenting dalam menjalin hubungan rumah tangga adalah seberapa besar komitmen kita dan pasangan dalam menjaga hubungan tersebut.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s